Categories
Pendidikan

Peramalan ( Forecasting ) 

Peramalan ( Forecasting )

Peramalan ( Forecasting ) 

Definisi Ramalan (Prakiraan)

Berdasarkan visi Freddy Rangkuti (2005, s95) Perencanaan kapasitas produksi yang baik harus sesuai dengan ukuran persyaratan permintaan. Kondisi di masa depan tidak dapat diprediksi secara akurat, sehingga para wirausahawan pasti bekerja dengan ketidakpastian kondisi di masa depan. Upaya untuk meminimalkan ketidakpastian sering dilakukan dengan metode atau teknik estimasi tertentu.

 

Berdasarkan visi Freddy Rangkuti (2005, p94)

Perencanaan kapasitas produksi yang fleksibel adalah perencanaan kapasitas produksi sesuai dengan ukuran kapasitas permintaan. Jika kapasitas produksi yang direncanakan terlalu besar, perusahaan akan menderita, melebihi kebutuhan permintaan aktual. Menganalisis dan memperkirakan penjualan (perkiraan penjualan) adalah salah satu kegiatan yang paling penting bagi perusahaan untuk menentukan jumlah produksi yang disesuaikan dengan kapasitas produksi perusahaan. Juga, ramalan itu penting karena ramalan itu diharapkan akan meningkatkan efisiensi produksi.

Definisi ramalan (estimasi) menurut pendapat para ahli:
Berdasarkan pandangan Barry Render dan Jay Heizer (2001, p46):

Prediksi (prediksi) adalah seni dan ilmu untuk memprediksi peristiwa masa depan dengan mengambil data historis dan memantulkannya kembali ke masa depan menggunakan semacam model matematika.

Berdasarkan pendapat Lerbin R. Aritonang R. (2002, p12):
Peramalan adalah implementasi dari model yang dikembangkan di masa depan.

Berdasarkan pendapat Lalu Sumayang, (2003, p24):
Prakiraan ini menggunakan perhitungan objektif dan data historis untuk menentukan sesuatu di masa depan.

Dari pemahaman prediksi sebelumnya, itu adalah seni atau ilmu memprediksi masa depan menggunakan data historis untuk menentukan sesuatu di masa depan.


Model estimasi umum; Yt = Pola + kesalahan.

Data dibagi menjadi komponen yang dapat diidentifikasi (pola) dan tidak dapat diidentifikasi (kesalahan). Oleh karena itu, penggunaan metode estimasi adalah untuk mendefinisikan model prediksi sedemikian rupa sehingga kesalahan serendah mungkin. Penggunaan teknik peramalan dimulai dengan menyelidiki kondisi (pola data) di masa lalu untuk mengembangkan model yang cocok dengan pola data, menggunakan asumsi bahwa pola data masa lalu akan diulang di masa depan.

 

 

Sumber : https://materi.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *